ARTIKEL
Keluarga

Feb
21

Keluarga Peduli Sampah

Sahabat Keluarga, sejak 2005 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional yang pada tahun 2024 ini mengusung tema "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif". Yang mengkhawatirkan, ternyata rumah tangga merupakan salah satu sumber terbesar sampah nasional. Berdasarkan data KLHK pada 2020, dari 67,8 juta ton sampah Indonesia, 37,3% sampah tersebut berasal dari aktivitas rumah tangga. Angka yang sangat besar!

Nah, sudah saatnya setiap keluarga mengambil langkah bijak dengan mengelola sampah secara produktif. Yuk, terapkan 5 langkah sederhana ini di dalam keluarga:

1. Memilah
Mulailah dengan memilah sampah menjadi beberapa kategori seperti organik (sisa makanan), non-organik (plastik, kertas, logam), kaca, dan sebagainya. Gunakan wadah yang terpisah untuk setiap jenis sampah agar memudahkan proses pengolahan lebih lanjut.

2. Mengompos
Sampah organik seperti sisa makanan dan dedaunan dapat dikomposkan untuk menghasilkan pupuk alami. Keluarga dapat menggunakan komposter di halaman belakang rumah atau mengikuti teknik pengomposan dalam wadah di dalam rumah.

3. Mendaur Ulang
Edukasi seluruh anggota keluarga tentang pentingnya daur ulang. Pisahkan sampah yang dapat didaur ulang seperti kertas, plastik, dan logam, kemudian kirim ke pusat daur ulang setempat atau gunakan fasilitas daur ulang yang tersedia di daerah Anda. Bonusnya, Anda mungkin bisa mengumpulkan sedikit uang hasil dari sampah daur ulang ini.

4. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan
Kurangi penggunaan produk sekali pakai dan kemasan berlebih dengan memilih produk yang memiliki kemasan minimal atau menggunakan alternatif ramah lingkungan seperti botol minum yang dapat diisi ulang, tas belanja kain, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa meskipun tas belanja kain harganya tidak terlalu mahal, bukan berarti Anda dapat bersikap abai untuk membawa tas belanja sendiri, sebab perilaku ini juga hanya akan menimbulkan sampah baru lainnya, yaitu tas belanja.

5. Menerapkan Pola Hidup Sadar Sampah
Edukasikan anggota keluarga tentang pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Ajarkan anak-anak untuk memahami konsep daur ulang dan pentingnya menjaga lingkungan.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, keluarga dapat berkontribusi secara signifikan dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan menjaga lingkungan hidup. Selamat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Sahabat Keluarga! Mari atasi sampah plastik secara produktif!

(Equivalent Pangasi)
Bagikan artikel ini:

ARTIKEL LAINNYA

Jangan Pernah Percaya 5 MITOS tentang PACARAN Ini!
Sahabat Keluarga, seringkali kawula muda menghadapi tantangan dari mitos-mitos yang kerap kali dipercaya oleh generasi sebelumnya dan diteruskan ke generasi…
5 Cara Membangun Self-Esteem Anak
Self-esteem atau keberhargaan diri bukan hanya penting bagi manusia dewasa. Self-esteem justu teramat penting untuk dibangun dan dirawat sejak dini,…
Hari Keluarga Sedunia: Bersama Keluarga, Tangguh Hadapi Perubahan Iklim
Setiap tahun pada tanggal 15 Mei, dunia merayakan Hari Keluarga Sedunia. Peringatan ini, yang diprakarsai oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada…
Lihat Semua

RENUNGAN TERBARU

MINGGU-51 | Diperbaharui dari Sehari ke Sehari
MINGGU-50 | Menjadi Pengelola Keuangan Keluarga
MINGGU-49 | Hidup Dipimpin oleh Roh Kudus
MINGGU-48 | Menjadi Teladan di dalam Kehidupan
MINGGU-47 | Gereja dan Pemuridan
Lihat Semua

KEGIATAN TERAKHIR

Happy Wife, Happy Life
Ungkapan "Happy Wife, Happy Life" yang berarti "Istri Bahagia, Hidup Bahagia" merupakan ungkapan yang sangat terkenal meskipun tentu saja kurang…
Lihat Semua