ARTIKEL
Pranikah

Jun
28

Yakin, Sudah Siap Berpasangan?

Hey, Bestie! Sebelum memutuskan untuk berpasangan, coba telaah diri kamu dan dirinya deh supaya kalian menjalin relasi pada saat yang tepat dan dengan orang yang tepat. Gimana cara tahu apakah kamu atau dia adalah orang yang tepat bagi satu sama lainnya? Gimana cara tahu apakah ini waktu yang tepat untuk berpasangan? Yuk, jawab pertanyaan-pertanyaan ini:

1. Tentang IMAN: apakah kamu dan dia memiliki rasa takut akan Tuhan dan rindu untuk taat pada nilai iman?
2. Tentang KEMATANGAN DIRI: bagaimana caramu dan dia menghadapi konflik, menghormati orang tua, dan keluarga, serta menghargai pendapat orang?
3. Tentang TEMPERAMEN: mampukah memberi dan menerima kasih tanpa membuat pasangan terkungkung atau tidak dipedulikan? Bagaimana menempatkan diri di lingkungan baru dan membina komunikasi?
4. Tentang TANGGUNG JAWAB: apakah kamu dan dia secara konsisten dapat menunjukkan tanggung jawab dalam studi, pekerjaan, uang, seks, dll?
5. Tentang KONDISI HATI: berapa lama kamu dan dia terakhir berpasangan? Mengapa dan bagaimana hubungan itu diakhiri? Berapa lama hingga akhirnya kalian memutuskan untuk berpasangan kembali?

Ini nih alasan mengapa 5 hal itu harus dipertanyakan ke diri sendiri dan ke pasangan:
1. Pertanyaan tentang IMAN akan menjadi fondasi utama dalam relasi kalian. Ketika seseorang menghargai relasinya dengan TUHAN, maka ia akan berusaha untuk menjalin relasi dengan cara yang dikehendaki oleh-Nya dan menjaga pasangan-Nya sebagai sosok yang dikasihi-Nya.
2. Pertanyaan tentang KEMATANGAN DIRI akan menolong kalian untuk melihat apakah dirimu dan dirinya menghadapi perbedaan, konflik laten, bahkan caranya menghormati keluarga. Kebayang ga sih kalau masih pacaran aja udah ga bisa menghargai pendapat orang lain atau ga nurut sama ortu? Mau membangun keluarga kaya gimana coba?
3. Pertanyaan tentang TEMPERAMEN akan menolong kalian untuk melihat bagaimana kalian satu sama lainnya berkomuni-KASIH. Apakah dengan terus menerus melarang? Atau justru sama sekali bebas lepas? Bagaimana kalian hadir dan mendampinginya di sekitar lingkungan/kelompoknya? Mampukah saling menunjukkan dukungan saat berapa di lingkungan/kelompok masing-masing?
4. Pertanyaan tentang TANGGUNG JAWAB membuka mata kalian untuk melihat apakah kalian sama-sama sosok yang mampu diandalkan untuk berjalan dan bergumul bersama? Kalau ada tugas/ujian di kampus atau deadline kerjaan aja sering bolos, gimana mau beneran HADIR dalam tantangan-tantangan besar yang memerlukan komitmen dan tanggung jawab?
5. Pertanyaan tentang KONDISI HATI menunjukkan bagaimana kesiapan hati seseorang. Apakah ia berpasangan karena SIAP atau karena SEPI? Ingat, jangan berpasangan cuma gara-gara kesepian, males diomongin orang karena kelamaan jomblo apalagi cuma demi balas dendam sama mantan yang udah punya pasangan duluan!

So, yakin sudah siap berpasangan?
Bagikan artikel ini:

ARTIKEL LAINNYA

3 Kebiasaan Baru untuk Merawat Kesehatan Mental
Yuk pahami kenapa komitmen untuk melakukan sedikitnya 3 kebiasaan ini dapat merawat & menjaga kesehatan mental diri!1. Belajar Menikmati Makanan…
3 Mitos yang Bikin Ortu TAKUT JUJUR di Depan Anak
Dalam berperan sebagai orang tua, kejujuran adalah teladan terbaik dalam membesarkan anak, bahkan akan menjadi warisan yang teramat sangat bermanfaat…
7 Hal Parenting yang Setiap Ortu HARUS Ingat
Berjuang untuk memiliki pemahaman yang sama dalam hal mengasuh anak dan disiplin sering kali menjadi salah satu pergumulan terbesar yang…
Lihat Semua

RENUNGAN TERBARU

MINGGU-51 | Diperbaharui dari Sehari ke Sehari
MINGGU-50 | Menjadi Pengelola Keuangan Keluarga
MINGGU-49 | Hidup Dipimpin oleh Roh Kudus
MINGGU-48 | Menjadi Teladan di dalam Kehidupan
MINGGU-47 | Gereja dan Pemuridan
Lihat Semua

KEGIATAN TERAKHIR

Happy Wife, Happy Life
Ungkapan "Happy Wife, Happy Life" yang berarti "Istri Bahagia, Hidup Bahagia" merupakan ungkapan yang sangat terkenal meskipun tentu saja kurang…
Lihat Semua